Buatku, Indonesia MASIH Belum Merdeka

Maaf.

Buatku, Indonesia masih belum merdeka.
Jangan marah dulu.
Aku masih mendapati saudara-saudaraku kelaparan, tidur di kolong jembatan, di bantaran kali, atau di pinggir rel kereta dan tidak memiliki penghidupan yang layak.
Aku masih menemukan adik-adikku yang belum bisa memperoleh pendidikan, belum bisa membaca dan menulis.
Aku masih melihat kaum elit politik yang menginginkan mobil baru, meributkan bangunan baru, mempersoalkan gaji, sementara rakyat susah makan.
Aku masih membaca berita tentang para koruptor yang bebas dari jerat hukum dan dengan leluasa melancong keliling dunia.
Aku masih menonton berita tentang aksi kejahatan dan terorisme di negeri sendiri.
Aku masih mendengar cerita teman-temanku yang tidak bisa beribadah karena tempat ibadahnya dirusak.
Aku masih merasakan adanya diskriminasi.

Tapi…
Buatku,suatu saat Indonesia akan merdeka.
Aku mendapati orang-orang yang peduli dengan nasib orang-orang miskin dan bergerak untuk menciptakan kemanusiaan yang adil dan beradab.
Aku menemukan para pendidik yang mendedikasikan hidupnya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.
Aku melihat sekumpulan masyarakat yang tidak menuntut adanya mobil baru, bangunan baru, atau gaji besar, namun memperhatikan soal kesejahteraan rakyat.
Aku membaca berita tentang para aktivis berjuang untuk menegakkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Aku menonton berita tentang relawan yang mencurahkan waktu dan tenaganya untuk membantu korban bencana dan terorisme.
Aku mendengar cerita teman-teman tentang indahnya keberagaman antarumat beragama di tempat mereka atas dasar Ketuhanan Yang Maha Esa.
Aku merasa keberadaanku diakui di Indonesia sebagai Warga Negara Indonesia Keturunan Tionghoa karena adanya persatuan Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika.


Dirgahayu Indonesiaku.

17 Agustus 1945 – 17 Agustus 2011.

Posted with WordPress for BlackBerry.

2 responses to “Buatku, Indonesia MASIH Belum Merdeka

Leave a Reply

