LSPR Climate Change Champions Community (LSPR 4C) Meluncurkan Program GREEN CANTEEN di STIKOM LSPR

Jakarta, 17 Januari 2011, STIKOM LSPR meluncurkan sebuah program bernama Green Canteen. Program yang diusung oleh salah satu divisi di STIKOM LSPR ini bermaksud menciptakan gaya hidup sehat dan berdampak baik bagi lingkungan. Sebagai penyandang The First Green Label Campus in Indonesia yang diberikan oleh The British Council Indonesia, STIKOM LSPR memiliki kewajiban tidak hanya menggalakkan kegiatan-kegiatan lingkungan di luar kampus, tetapi juga meng’hijau’kan kampus sendiri.

Program Green Canteen ini mengajak semua tenant kantin STIKOM LSPR untuk mengganti tempat makan dan minum yang terbuat dari plastik atau styrofoam menjadi tempat makan yang lebih ramah lingkungan, misalnya pembungkus yang terbuat dari kardus atau kertas. Mereka mengajarkan para tenant untuk memanfaatkan sisa makanan di kantin untuk dijadikan pupuk kompos dengan sistem keranjang takakura yang disediakan di setiap counter kantin. Para mahasiswa diajak turut serta dalam program ini dengan dihimbau untuk memakan makanan mereka di kantin, juga tidak menerima kantong plastik.

Para tenant kantin ini ternyata memiliki ide yang lebih kreatif dan efisien. Daripada mereka mengeluarkan dana lebih untuk membeli pembungkus kardus yang tentunya lebih mahal, mereka membuat kotak deposit bagi para pembeli yang meminta makanannya dibawa pulang. Mereka menyediakan tempat makan yang dapat digunakan berkali-kali dengan syarat para pembeli harus mendepositkan uang mereka sebesar Rp 5000-Rp 7000. Jika mereka mengembalikan tempat makan tersebut, maka uang deposit mereka akan dikembalikan. Tetapi jika tidak, mereka dianggap membeli tempat makan tersebut. Menurut pengakuan tenant kantin, sistem ini disambut baik oleh mahasiswa.

Kegiatan Green Canteen Launching yang diadakan di area kantin STIKOM LSPR Kampus B pada saat makan siang ini untuk mensosialisasikan program ini kepada para mahasiswa. Dalam acara ini, beberapa anggota LSPR 4C memberikan penjelasan mengenai bahaya menggunakan plastik dan styrofoam, tak hanya bagi lingkungan, tetapi juga bagi tubuh kita. Mereka juga mengundang Zukhriatul Hafizah, Runner Up I Putri Indonesia 2009 dengan gelar Putri Indonesia Lingkungan Hidup untuk berbagi pengalaman mengenai kegiatannya yang berhubungan dengan lingkungan.

Berdiri pada tanggal 16 Februari 2009, LSPR 4C merupakan sebuah unit kegiatan mahasiswa yang aktif dan berkomitmen untuk menjadi agen perubahan demi menciptakan lingkungan yang lebih baik dengan nama LSPR Climate Change Champions Club. Sejak saat itu, LSPR 4C selalu turut serta dalam setiap kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan dan perubahan iklim. Kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan sejak tahun 2009 antara lain adalah penanaman bibit bakau di Muara Angke dan Marunda, membersihkan pantai, berpartisipasi dalam Earth Hour Indonesia 2009 dan 2010, menanam bibit bakau bersama Kedutaan Amerika Serikat dan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), mengadakan penyuluhan tentang lingkungan kepada anak-anak di Sanggar Daun, memberikan pelatihan mengenai pemilahan sampah organik dan non-organik kepada maintenance crew Sudirman Park dan STIKOM LSPR, mengikuti berbagai kegiatan international seperti: Climate Action Day, Green Finger Action, juga mengirimkan perwakilan ke international conference di Makassar (IYCF) dan di Amerika.

LSPR 4C menjalin kerjasama yang baik dengan beberapa organisasi dan komunitas hijau, di antaranya: WWF Indonesia, the Climate Project Indonesia, British Council Indonesia, Gerombolan Peduli Sampah (Gropesh), Jakarta Green Monster (JGM), LPP Mangrove, Eco Indonesia, Eco Singapore, Kedutaan Amerika Serikat, Sindikat Musik Penghuni Bumi (SIMPONI), dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, LSPR 4C juga menjalin kerjasama dengan universitas-universitas di Jakarta dan sekitarnya untuk kegiatan lingkungan ini.

Melihat dari banyaknya kegiatan yang dilakukan oleh LSPR 4C, maka pada tanggal 28 Oktober 2010 yang bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, LSPR 4C berubah status dari sebuah unit kegiatan mahasiswa menjadi sebuah divisi dengan nama LSPR Climate Change Champions Community. Bersamaan dengan hal ini, STIKOM LSPR membuka pintunya menjadi sekretariat bagi sebuah komunitas lingkungan yang bernama Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI) dan mendukung segala kegiatan yang dilakukan oleh KOPHI.

LSPR 4C berhasil mendapatkan penghargaan Green Leadership Award in AREA (Asia Responsibility Entrepreneurship Awards) 2010.


Kalian punya cerita tentang kegiatan ‘hijau’ yang kalian lakukan? silakan share di sini.. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s