“I just one person. What can I do for Global Warming?”

“I just one person. What can I do for Global Warming?” kalimat ini sampai sekarang masih jelas banget terdengar, kayak ada seseorang yang bisikin di telinga saya.

Waktu itu tahun 2009, sepertinya akhir bulan Februari. Dosen saya menyuruh saya datang ke kantor Panda untuk ikutan meeting tentang Earth Hour. Saya pikir dia minta saya untuk menemani, ternyata saya disuruh meeting sendirian. Akhirnya, saya ajaklah teman saya. Di sanalah sebuah dunia baru terbuka di depan saya.

Memasuki kantor Panda yang sama sekali asing, bertemu orang-orang yang saya nggak tau mereka itu siapa, nggak tau mereka akan ngomongin apa, Earth Hour itu apa, saya sama sekali buta. Saya seperti seorang anak bocah di tengah kakak-kakak yang sudah sangat berpengalaman, dan saya terjebak masuk ke sebuah lemari yang ternyata isinya tidak sesempit kelihatannya. Di dalamnya ternyata ada dunia baru yang berbeda dari yang selama ini saya tau. Daaaan.. Luas sekali! (Berasa di Narnia) 😀

Kakak-kakak di kantor Panda itu menampilkan beberapa video tentang Earth Hour. Melihat video-videonya membuat saya merinding dan kepingin nangis! Kereeen banget!! Satu kota mematikan lampu secara serentak!

Ooohh.. Barulah saya tau kalau Earth Hour ternyata merupakan sebuah aksi global yang pertama kali diinisiasi di Sydney pada tahun 2007, namun tahun berikutnya mulai diikuti oleh negara-negara lain di dunia.

Gimana sih aksinya?
Gampang banget! Setiap orang di kota itu bersama-sama mematikan lampu selama 1 jam pada minggu terakhir bulan Maret.
Buat apa?
Dengan mematikan lampu selama satu jam itu dapat menghemat penggunaan energi listrik, yang berarti menghemat biaya, mengurangi emisi CO2 yang dihasilkan, dan mengurangi jumlah pohon yang ditebang.

Di salah satu video Earth Hour yang waktu itu ditampilkan itulah ada kalimat tadi. Kalimat yg diucapkan oleh seorang anak kecil, “I just one person. What can I do for Global Warming?” Saya langsung berkaca pada diri saya sendiri. Iya. Saya hanya seseorang. Apa yang bisa saya lakukan untuk pemanasan global?

Bukan kebetulan, ternyata pada tahun itu merupakan pertama kalinya Indonesia mengikuti event global ini, khususnya kota Jakarta. Dan dampaknya bagi Jakarta ternyata besar banget! Jika penduduk Jakarta mematikan lampu selama satu jam, berarti sudah menghemat 300 MW yg cukup untuk mengistirahatkan 1 pembangkit listrik dan bisa menyalakan 900 desa lain di Indonesia! Nggak cuma itu! Kita juga sudah menghemat biaya listrik Jakarta sebesar 200 juta rupiah, mengurangi emisi CO2 sekitar 263,24 ton, menyelamatkan 263 pohon, dan menghasilkan O2 untuk lebih dari 526 orang!

Wow! Baiklah!
So, with just a simple click, I turn off te lights, I can be part of the solution of global warming!

Tapiiii, karena saya hanya satu orang, maka saya nggak boleh hanya berenti sampai di situ! Kalau saya bisa melakukannya, pasti orang lain juga bisa. Masalahnya, apakah mereka tau??

Maka, saya putuskan untuk menyebarluaskan berita keren ini kepada teman-teman kampus saya. Dan dengan bantuan mereka semua, nggak cuma kampus yang mau ikutan mematikan lampunya selama satu jam, tapi kami juga berhasil menyebarluaskan berita ini sampai ke sebuah apartemen di kawasan Jakarta Pusat dan mengajak mereka ikut mematikan lampu koridor dan balkon-balkonnya. Kami juga mengajak seluruh penghuninya untuk mematikan lampu di unit mereka masing-masing selama satu jam itu. Ternyata hasilnya memuaskan! Menurut pihak apartemen, 80% unit mematikan lampu mereka! Yeeeaaay!!! Berarti dimulai dari satu orang, sekarang sudah tidak hanya satu orang.

Sebenarnya maksud event Earth Hour ini bukan hanya sebagai sebuah perayaan secara global, atau sekadar ikut-ikutan. Maksudnya lebih pada pengubahan cara hidup kita yang lebih hemat energi. Bayangkan! Jika semua orang mematikan lampu selama 1 jam saja sudah berdampak sangat besar pada Jakarta, apalagi jika semua orang mulai membiasakan diri mematikan lampu-lampu yang tidak terpakai setiap hari selama berjam-jam? Hitung sendiri yaaa.. 😀

Nah, untuk tahun 2011, Earth Hour Indonesia akan diadakan lagi, tetapi tentunya dengan pengembangan tema. Kali ini nggak cukup hanya dengan mematikan lampu satu jam saja, tetapi juga harus disertai dengan tindakan lain yang juga merupakan solusi dari permasalahan pemanasan global.

Apa itu?
Bisa macam-macam. Misalnya: mulai biasakan naik kendaraan umum, atau naik sepeda, atau jalan kaki. Hal lainnya: jangan naik lift jika hanya naik ke beberapa tingkat, bawa bekal dan botol minum sendiri jika bepergian untuk mengurangi sampah, ganti lampu di rumah dengan lampu hemat energi, jangan biasakan mendiamkan alat elektronik dalam keadaan stand by, dan masih banyak lagi. 🙂

Jadi, yuk katakan kepada diri kita sendiri: Saya hanya satu orang, dan saya tidak dapat melakukan segalanya. Tetapi karena saya hanya satu orang, saya akan melakukan sesuatu yang bisa saya lakukan.

Lalu tanyakan: Jika saya bisa melakukannya, apakah saya bisa mengajak orang lain untuk juga melakukannya?

Jawabannya harus: BISA!

Berani terima tantangan ini untuk Earth Hour 2011??

Matikan lampu selama 1 jam untuk bumi yang lebih baik! 🙂

Advertisements

2 responses to ““I just one person. What can I do for Global Warming?”

  1. Hebat!
    Tulisan ini memberikan inspirasi! Selama ini cenderung yg kita dan banyak orang pikirkan (termasuk gw) adalah satu tindakan tidak akan berbuah besar. Tapi tulisan ini memberikan alur baru, dari sebuah tindakan kecil, sebuah ajakan sederhana utk matikan lampu, menghasilkan hal yang luar biasa besarnya. Bukan cuma jadi bagian dari event spontan secara global saja, tapi menyelamatkan bumi dan masa depan umat manusia!
    Yap, just a simple click to turn off the lightbulbs and you’ll become the hero of the world! Semudah itu untuk jadi superhero dan selamatkan bumi serta umat manusia!
    1, Not just plain old 1, but, 1 means everything 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s