Buku Lama yang Tak Pernah Usang

buku itu sudah lama kubaca dan kupelajari. detailnya sudah hampir seluruhnya kumengerti. kubuat catatan2 kecil di setiap halamannya. hanya untuk mengingatkanku jika suatu saat aku lupa. walau dulu setiap hari kubaca, tapi entah mengapa tidak pernah bosan aku membolak balik halaman demi halamannya. sampai akhirnya kuputuskan untuk menutup buku itu rapat2 dan tak akan pernah kubuka lagi karena tak sanggup melanjutkan membaca kisahnya.
ternyata tak semudah itu menutup sebuah buku yang sudah bertahun tahun menemani hidupmu. selalu ada keinginan untuk membaca dan membaca lagi catatan2 kecil yang dulu pernah kubuat di setiap halamannya. sesekali memeriksa ulang detail2 yang hampir kulupa. entah untuk keperluan apa. bahkan terkadang ada godaan untuk melanjutkan membaca kisahnya. hal ini membuatku nyaman sampai akhirnya ketika……………….

aku menemukan buku baru yang kupikir lebih menarik daripada si buku lama. ceritanya lebih menantang dan terkadang sulit kupahami. mungkin karena masih baru, pikirku. butuh waktu beberapa lama untuk mempelajari buku baru yang baru kubaca beberapa halaman itu. sama seperti buku lama, terkadang aku menuliskan catatan kecil di setiap halamannya.

buku baru ini saat ini menggantikan buku lama untuk menemani hari-hariku. walau kadang aku ketakutan membaca kisahnya sampai2 tidak berani untuk membuka halaman selanjutnya, justru itulah yang membuatku menikmati detik2 setiap kali membacanya.

tetapi, si buku lama sepertinya seakan memiliki pendapat yang sama denganku dulu. meskipun sudah kusimpan baik2 di suatu tempat, kadang2 ia menggoda untuk kubaca kembali.

yah, sekarang ada 2 buku terbuka di depan mataku. satu yang lama. satu yang baru.

buku lama yang tak pernah usang itu menyimpan kenangan2 di setiap halamannya. ia telah mengajariku banyak hal. kutemukan berbagai pelajaran berharga untuk kutuliskan di buku yang baru. aku rasa sampai sekarang buku itu terus melanjutkan kisahnya dan aku tak tau akan akhir ceritanya karena belum kubaca.

yang baru menanti untuk kubaca kelanjutan kisahnya dan menunggu kubuatkan catatan2 di setiap halamannya. aku berusaha untuk tidak takut membuka halaman selanjutnya. berharap akhir ceritanya sempat kubaca.

kedua buku itu masih terbuka di depan mataku. tergeletak bersebelahan di mejaku. saat ini aku sedang membaca buku yang baru itu, tapi sesekali membuka-buka buku yang lama.

sampai sekarang aku belum tahu, mana buku yang memberiku kesempatan untuk menorehkan kata “TAMAT” dengan akhir cerita bahagia di akhir halamannya.

September 12, 2009

Leave a Reply

